Emisi Gelombang Radio Mendekati Galaksi

Sesuatu Telah Memproduksi Sebuah Sinyal Radio Regular yang Tidak Biasa Disini

(Foto: New Scientist/NASA/ESA/STScI/AURA)

Ada sesuatu yang aneh di luar angkasa. Obyek yang tak dikenal tiba-tiba mendekati galaksi M82 yang mengirimkan gelombang radio, dan emisi yang tidak seperti benda apapun yang pernah terlihat di galaksi. “Kami tidak mengetahui benda apa itu?” kata co-discover Tom Muxlow dari Jodrell Bank Centre for Astrophysics yang berada dekat dengan Macclesfield, UK (Inggris).

Benda tersebut diketahui juga sempat muncul pada Mei tahun lalu, saat itu , Muxlow dan rekan-rekannya sedang memonitori sebuah ledakan stellar yang tidak berhubungan dengan M82 menggunakan jaringan MERLIN dari teleskop radio di Inggris. Sebuah titik terang dari emisi radio muncul secara berlebihan selama beberapa hari, diam sangat cepat dalam pengertian astronomi. Maka, sejak saat itu, kejadian itu telah sedikit menyusahkan para astrophysic.

Hal itu tentu saja tidak sesuai dengan pola dari emisi radio yang berasal dari galaksi bimasakti: mereka biasanya lebih terang selama lebih beberapa minggu dan lalu memudar selama beberapa bulan, dengan spektrum dari radiasi yang berubah setiap saat. Sumber terbaru mengatakan perubahannya lebih cepat terang dalam kurun setahun, dan spektrumnya tetap.

Berbelok Lebih Cepat

Ya, benda itu seperti sedang bergerak dan cepat.  Benda nyata tersebut berpindah dan kecepatan adalah empat jam kecepatan cahaya. Seperti nyatanya gerakan “superluminal” yang telah terlihat sebelumnya dalam kecepatan tinggi semprotan material oleh beberapa lubang hitam.  Benda dalam jet ini bergerak ke arah kita ke sebuah sudut yang menyamping dan malakukan perjalanan ke pecahan silau dari kecepatan cahaya, dan efek dari relativitas yang menghasilkan sebuah benda dari ilusi optikal yang membuat sebuah gerakan yang dapat memunculkan superluminal.

Apakah itu benda dari lubang hitam? Ini bukan lah M82, dimana para ahli astronomi akan menyangka untuk menemukan semacam pusat supermasif lubang hitam yang dimiliki oleh galaksi lainnya. Dimana meninggalkan kemungkinan yaitu dapat menjadi sebuah skala yang lebih kecil yang disebut “microquasar.” Microquasar adalah bekas dari sebuah ledakan bintang yang dahsyat. Yang kemudian meninggalkan sebuah lubang hitam sekitar 10 sampai 20 jam waktu matahari, yang kemudian mulai menjadi gas dari sebuah rekan bintang yang selamat.

Setiap microquasar mengeluarkan gelombang radio—tetapi tidak terlihat di galaksi kita seperti seberkas cahaya terang sebagai sumber baru di M82. Selain itu, setiap microquasar juga menghasilkan banyak sinar x, mengingat bukan sinar x yang terlihat di objek misteri. “jadi itu sama sekali tidak benar,” ujar Muxlow kepada New Scientist.

Dugaan terbaiknya masih seputar sumber radio yaitu beberapa macam objek-objek padat yang terus tumbuh mengelilingi material, barangkali seperti sebuah lubang hitam yang besar atau sebuah lubang hitam di lingkungan yang tidak biasa. Mungkin fenomena ini juga terjadi sesekali di dalam galaksi kita, tetapi lebih dari kejadian yang biasa dalam M82 karena hal itu adalah “komet” di galaksi—sebuah kosmik kauldron dimana bintang terbesar yang membentuk lalu meledak di sesuatu yang lebih tinggi ukurannya bila dibandingkan dengan Milky Way, yang menciptakan lebih banyak lubang hitam.

Muxlow telah melaporkan penemuan ini di pertemuan The Royal Astronomical Society National Astronomy yang diselenggarakan di Glasgow, Inggris pada tanggal 14 April lalu. (new scientist/mugiwara no nakama)

Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://mugiwaranonakama.wordpress.com/2010/04/19/emisi-gelombang-radio-mendekati-galaksi/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: