Seorang Time Traveler Tertangkap Kamera tahun 1940-an?

Dikliping oleh Mugiwara no Nakama

Sumber Kliping dari;

  • http://solocybercity.wordpress.com/2010/04/21/seorang-penjelajah-waktu-tertangkap-kamera/
  • http://xfile-enigma.blogspot.com/2010/04/rekomendasi-benarkah-seorang-time.html
  • http://xnews-hawkson-blogmisteri.blogspot.com/2010/04/x-news-bukti-kedatangan-sang-penjelajah.html

Saat sedang browsingan, saya menemukan satu berita yang unik yang saya ambil dari blog Solo Cyber City.  Selain itu untuk menjawab terkait kebenaran foto ini, saya tahu sebuah blog yang pantas untuk menjawab fenomena ini. Nama blog ini adalah X-File Enigma.

Ini fotonya:

Dan berikut ulasan dari Solo Cyber City:

Sebuah foto kuno tahun 1940-an di sebuah museum di British Columbia, Kanada membuat heboh.

Sebab, di antara belasan orang yang tampak di foto tersebut, ada seorang yang benar-benar berbeda. Tak seperti yang lain — yang berjas dan memakai topi lebar, orang misterius ini memakai kaus bergambar, kaca mata hitam modern, dan sweater.

Yang paling menonjol, orang tersebut memegang kamera portable, yang jelas terlalu modern untuk ukuran tahun 1940-an.

Seperti dimuat laman Gizmodo, 17 April 2010, para pengguna internet yang melihat foto tersebut, pada umumnya menyimpulkan hal yang sama, itu adalah foto penjelajah waktu yang tertangkap kamera sedang bertualang di era 1940-an.

Sementara, seperti dimuat laman Forgetomori.com, foto ini adalah foto yang diambil dari laman resmi museum Kanada, http://www.museevirtuel-virtualmuseum.ca.

Foto ini dipamerkan dalam pameran bertajuk ‘Masa Lalu Mereka’ karya Bralorne-Pioneer, yang dipertontonkan ke publik sejak tahun 2004.

Bantahan dari Blog X-File Enigma

Terkait foto ini, sebuah blog yang biasa meneliti tentang keanehan alam beserta bukti foto-foto unik lainnya dan terbukti juga keobjektivitasannya yang bernama X-File Enigma memberi jawaban atas  foto unik ini.

Berikut paparannya:

Bermula dari sebuah forum, yang kemudian dipopulerkan oleh Gizmodo.com, sebuah foto yang seakan-akan menunjukkan adanya time traveller di tahun 1940an, mulai menyebar ke dunia blogosphere, termasuk ke Indonesia, hingga akhirnya dimuat oleh Vivanews.com yang menyebutkan Gizmodo.com dan Forgetomori.com sebagai referensi.

Jadi, saya mulai menerima banyak pertanyaan soal foto ini.

Foto di atas diambil pada tahun 1940an dan saat ini terpajang di sebuah museum di Kanada. Memang, sekilas, kita bisa melihat pria itu terlihat lebih mencolok dan modern. Tapi, menurut saya, pria dalam foto tersebut jelas tidak menunjukkan kalau ia seorang Time Traveller. Asumsi itu hanyalah sebuah ilusi karena yang bersangkutan tidak berpakaian seperti orang-orang di sekelilingnya.

Contoh, ketika kalian sedang berkumpul bersama teman-teman, datanglah seorang teman yang lain menghampiri. Tapi, ia berbeda. Hari itu, ia memakai pakaian yang terang benderang, wah, lebay dan extravaganza. Apa yang tercetus dari mulut kalian?

“Wah, ada artis hongkong nyasar”

“Dari planet mana nih?”

Dan sebagainya.

Sepertinya, kasus foto di atas, sama seperti yang saya contohkan.

Lalu, bagaimana dengan pakaiannya, kacamatanya dan kameranya? Bukankah semuanya terlalu modern untuk tahun 1940an?

Kalau pria itu adalah seorang Time Traveller, bukankah seharusnya ia cukup pintar untuk berpakaian sesuai masa yang dikunjunginya? Seperti film Back to the Future?

Tapi, ada penjelasan yang lebih masuk akal mengenai pakaian, kacamata dan kameranya. Dua hari yang lalu, Hawkson telah memposting soal penjelasan ini beserta bukti-buktinya di Blog Misteri Hawkson. Jadi, bagi kalian yang ingin mengetahuinya, klik disini.

Daripada capek meng-klik, saya sertakan kopian link yang dimaksud oleh blog X-File Enigma berikut ini. Ini dia isi blog yang bernama x-news’blog misteri hawkson ini:

X-News : Bukti Kedatangan Sang Penjelajah Waktu Pada Tahun 1940 tertangkap kamera…??

Posted by hawkson in

Sebuah foto pada  tahun 1940-an menunjukkan seorang pria dengan pakaian modern berada di antara  kerumunan orang-orang pada acara pembukaan kembali Jembatan South Fork di British Columbia, orang itu mengenakan kacamata hitam, modern dan memiliki kamera portabel. Tapi apakah hal ini merupakan misteri?
Bralorne Pioneer Museum terletak di Kolumbia, Kanada merupakan salah satu museum yang menyelenggarakan pameran secara online yang disebut Pameran Virtual.
Berikut ini salah satu foto dari galeri pameran virtual yang menjadi topik pembicaraan kita kali ini.

Apakah Anda melihat sesuatu yang tidak pada tempatnya? Atau mungkin, dari waktu?
Pria dengan kacamata hitam sangat modern yang mengenakan T-shirt cap dengan sweater, sambil memegang kamera portabel!

Orang-orang pendukung teori penjelajah waktu berkata : ini adalah penjelajah waktu yang tertangkap kamera di 1940! Akhirnya, kami punya bukti!

Tentu saja orang-orang akan beranggapan bahwa ini merupakan bukti dari orang yang melakukan penjelajah waktu. Memang, setelah kita mempertimbangkan tentang perjalanan waktu yang mengubah segalanya. Tapi sebelum itu mari kita kembali ke realita . Anda mungkin akan bertanya lagi: Apakah ini adalah bukti foto seorang penjelajah waktu? Apakah benar demikian…? Sebentar lagi saya akan menjelaskannya.
Sebagaimana dicatat, gambar tersebut memang dipamerkan melalui website

Benda-benda yang dianggap mencurigakan di foto tersebut adalah :
resmi untuk museum Kanada. Ini adalah bagian dari pameran yang berjudul “Their Past Lives Here”dari Bralorne-Pioneer, dan telah  dipamerkan ke publik sejak tahun 2004. Dan telah dipamerkan online sejak Februari tahun ini.

  1. Sweater
  2. Kacamata
  3. Kamera
Apakah anda bertanya apa pendapat saya…?Saya akan menganggap foto itu adalah  bukti otentik, dan benar  diambil pada tahun 1940. Dan kemudian anda pasti akan mengatakan kalau itu hasil editan…? Saya berani mengatakan tidak.

Jadi, bagaimana orang itu bisa berada di tempat itu..? Apakah dia benar-benar telah melakukan perjalanan waktu…?

Penjelasan

  • Pakaian yang terlihat modern di foto tersebut ternyata telah ada dan dapat ditemukan pada 70 tahun yang lalu, dan digunakan sebagai style fashion sampai saat ini. Jika anda memperhatikan dengan teliti akan terlihat bahwa sebenarnya orang tersebut menggunakan pakaian yang sangat wajar di masa itu. Dia menggunakan sweater dan kaos rajutan didalamnya.
  • Kacamata yang digunakan sebenarnya sudah ada di tahun 1940an. Dan pernah digunakan oleh artis Barbara Stanwyck dalam film “Double Indemnity” 1994.

  • Kamera portable yang di pegang sebenarnya adalah jenis kamera kodak lipat (Kodak Folding Pocket model), yang telah ada pada awal abad ke 20.

Kisah-kisah orang yang melakukan perjalanan waktu  yang menimbulkan kontroversi seperti Andrew Carlssin yang mengaku berasal dari tahun 2256 yang banyak diberitakan di media dan internet, tetapi sepertinya anda semua harus mencari kebenaran berita tersebut di Weekly World News , saat ini juga.

Kemudian kisah John Titor yang bagi saya sungguh diragukan kebenarannya. Anda bisa membacanya dalam artikel saya sebelumnya.
Perjalanan waktu memang sungguh pemikiran yang luar biasa dan membutuhkan khayalan  imajinasi yang tinggi. Tapi sejauh itu, semuanya adalah fiksi dan tidak dapat dibuktikan kebenarannya.
Anda juga akan bertanya apakah mungkin foto tersebut hasil editan photoshop…? Sekali lagi saya katakan tidak…
Ini merupakan contoh foto editan photoshop.
Dan bandingkan dengan foto “Sang penjelajah waktu” kita ini :
Perhatikan lengan “sang penjelajah waktu” kita dan orang yang berada disampingnya…
Saya rasa kalian  akan berpendapat sama dengan saya…
Ketika ditanya oleh pembaca situs rekom ini: “kenapa dengan lengannya?”, si author blog menjawab:
jika foto ini merupakan hasil editan photoshop, anda akan menemukan kejanggalan dari perbedaan lengan sang penjelajah waktu dengan orang-orang yang berada disampingnya…dan dengan seketika dapat mengambil kesimpulan kalau foto tersebut adalah HOAX..
Akan tetapi pada foto tersebut kelihatan dengan jelas bahwa lengannya murni memegang kamera dan berada di tengah-tengah kerumunan orang-orang dengan posisi lengan yang menurut saya alami berada diposisi yang semestinya..


Iklan

The URI to TrackBack this entry is: https://mugiwaranonakama.wordpress.com/2010/04/21/seorang-time-traveler-tertangkap-kamera-tahun-1940-an/trackback/

RSS feed for comments on this post.

One CommentTinggalkan komentar

  1. top markotop ulasannya thanks infonya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: