SBY Curhat Soal Gaji, Rakyat Siapkan Gerakan Koin untuk Gaji Presiden SBY

SBY Curhat Soal Gaji, Padahal Gajinya Jauh Lebih Tinggi dari Pemimpin Cina & India

JAKARTA (voa-islam.com) – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) curhat soal gajinya yang belum naik selama tujuh tahun, padahal besarnya gaji presiden di Indonesia lebih tinggi 12 kali dari gaji PM Cina dan lebih tinggi 30 kali dari gaji PM India.

Tak mau dituding lakukan kebohongan, akhirnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono merealisasikan janjinya untuk meningkatkan kesejahteraan prajurit TNI dan Polri melalui program remunerasi. Ironinya Presiden juga curhat soal gajinya tyang tak kunjung naik dalam kurun waktu tujuh tahun.

“Kesejahteraan TNI/Polri bukan janji kosong dan kebohongan. Kesejahteraan prajurit setiap tahun kita naikkan. Remunerasi juga bertujuan meningkatkan kinerja dan prestasi,” ujar Presiden dalam pidato penutupan Rapim TNI/Polri 2011 di Jakarta, Jumat (21/1/2011). “Sampaikan, ini tahun ketujuh, gaji presiden belum naik. Tapi saya ingin semua dapat kelayakan gaji,” tambahnya.

Curhat Presiden itu cukup mengagetkan, karena menurut majalah bergengsi asal Inggris, The Economist, gaji presiden di Indonesia adalah gaji dengan kesenjangan tertinggi ketiga dari 22 negara yang disurvei tahun lalu.

….Secara nominal dolar AS pun, gaji SBY lebih tinggi dari gaji PM Cina dan India. Bila dibandingkan antara gaji Presiden Indonesia dengan PM Cina dan PM India, maka gaji SBY besarnya 12 kali gaji PM Cina dan 30 kali gaji PM India….

Menurut The Economist, gaji per tahun yang diterima Presiden SBY mencapai 124.171 dolar per tahun. Menurut catatan majalah itu, dengan angka tersebut berarti gaji SBY 28 kali lipat dari pendapatan per kapita rakyat Indonesia.

Menarik bila dibandingkan dari data The Economist, gaji Presiden SBY dengan sejumlah pemimpin dunia. Misalnya dengan gaji Perdana Menteri Cina dan Perdana Menteri India. Kedua negara ini ekonominya jauh lebih maju dari Indonesia. Lihat tabel The Economist berikut:

Ternyata, di Cina gaji PM Cina sekitar 2,5 kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya. Sementara India lebih kecil lagi, yaitu gaji PM India sekitar dua kali lipat dari pendapatan per kapita penduduknya.

Secara nominal dolar AS pun, gaji SBY lebih tinggi dari gaji PM Cina yang tercatat 10.633 dolar per tahun, sedangkan India jauh lebih kecil lagi, 4.106 dolar per tahun. Itu berarti bila dibandingkan antara gaji Presiden Indonesia dengan PM Cina dan PM India, maka gaji SBY besarnya 12 kali gaji PM Cina dan 30 kali gaji PM India.[silum/rpb, okz]


SBY Keluhkan Gaji, Rakyat Siapkan Gerakan Koin untuk Gaji Presiden SBY

JAKARTA (voa-islam.com) – Keluhan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) soal gajinya yang tak pernah naik selama tujuh tahun disambut dengan gerakan pengumpulan koin untuk menaikkan gaji presiden. Benarkah?

Bak gayung bersambut. Keluhan soal gaji presiden yang tidak naik selama 7 tahun menuai bermacam reaksi dari publik. Selain kritik tajam dari para politisi dan pakar komunikasi, keluhan SBY ditanggapi lain oleh rakyat di jagat maya.

Para facebooker memahami pernyataan Presiden SBY sebagai ungkapan minta naik gaji, sehingga di situs jejaring pertemanan Facebook muncul berbagai gerakan moral untuk mengumpulkan koin yang akan disumbangkan untuk menaikkan gaji presiden. Salah satunya adalah group “Coin for President” yang dilaunching Defiyan Cori pada hari Jum’at, (21/1/2011). Dalam pesan pertamanya, Devian menyatakan, group itu dibuat sebagai ‘solidaritas’ terhadap keluhan Presiden SBY soal gajinya yang belum pernah naik dalam kurun waktu 7 tahun.

.…Mari bersama-sama kita galang dana untuk membantu Saudara Susilo Bambang Yudhoyono untuk memenuhi permintaan kenaikan gajinya….,

“Mari bersama-sama kita galang dana untuk membantu Saudara Soesilo Bambang Yudhoyono yang saat ini kebetulan menjadi Presiden RI untuk memenuhi permintaan kenaikan gajinya supaya meningkatkan kesejahteraannya dan keluar dari kemiskinan di tengah rakyat Indonesia yang kaya raya melalui COIN for PRESIDENT!” tulis Defiyan, sang empunya group. “Ya kita kasihan lihat Presiden kekurangan gaji kan,” tambahnya.

Selain itu, muncul pula gerakan “Koin Untuk Presiden SBY” di Facebook. Gerakan “Koin Untuk Presiden SBY” ini mengingatkan kita pada “Koin Peduli Prita”. Prita merupakan ibu dua anak, mendekam di Lembaga Pemasyarakatan Wanita Tangerang, Banten, gara-gara curhatnya melalui surat elektronik yang menyebar di internet mengenai layanan RS Omni Internasional Alam Sutera.

Jika “Koin Peduli Prita” dibuat untuk membantu Prita yang harus membayar denda Rp204 juta kepada RS Omni. Bagaimana dengan “Koin Untuk Presiden SBY”? Kabarnya, gerakan tersebut untuk membantu Presiden SBY yang mengeluh gajinya tidak naik selama tujuh tahun.

Aksi serupa juga muncul di Blackberry Messenger (BBM) dengan nama gerakan “Sayang SBY” dengan mengumpulkan Koin Rp100 untuk membantu keluh kesah SBY soal gajinya yang belum naik selama tujuh tahun.

“Senin Tgl 24 Januari 2011 Tempat Bundaran Hotel Indonesia. sebagai warga negara kita yang dipilih rakyat sedang mengalami kesusahan. Saatnya kita sebagai rakyat membantu kesulitan beliau dengan menyumbangkan koin cinta SBY Rp 100,” katanya di BBM.

Meski gerakan koin untuk menaikkan gaji presiden ini sangat marak, namun tak jelas apakah ini sungguhan atau sekedar bentuk sindiran dari masyarakat melalui sejumlah situs jejaring sosial.

Sekadar diketahui, gaji SBY sesuai dengan Rencana Kerja Anggaran Kementerian Negara dan Lembaga Kepresidenan (RKAKL) 2006 sekira Rp 62 juta dan dana taktis mencapai Rp2 miliar.

Seperti diberitakan voa-islam sebelumnya, dalam pidato penutupan Rapim TNI/Polri 2011 di Jakarta, Jumat (21/1/2011), Presiden SBY curhat soal gajinya yang tak kunjung naik dalam kurun waktu tujuh tahun. “Sampaikan, ini tahun ketujuh, gaji presiden belum naik. Tapi saya ingin semua dapat kelayakan gaji,” ujarnya.

….Dibandingkan gaji pemimpin negara lain, besarnya gaji presiden di Indonesia lebih tinggi 12 kali dari gaji PM Cina dan lebih tinggi 30 kali dari gaji PM India….

Curhat Presiden itu cukup mengagetkan, karena menurut majalah bergengsi asal Inggris, The Economist, gaji presiden di Indonesia adalah gaji dengan kesenjangan tertinggi ketiga dari 22 negara yang disurvei tahun lalu. Dibandingkan gaji pemimpin negara lain, besarnya gaji presiden di Indonesia lebih tinggi 12 kali dari gaji PM Cina dan lebih tinggi 30 kali dari gaji PM India. [silum/dbs]

Iklan
Published in: on 24 Januari 2011 at 14:18  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://mugiwaranonakama.wordpress.com/2011/01/24/sby-curhat-soal-gaji-rakyat-siapkan-gerakan-koin-untuk-gaji-presiden-sby/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: